PENGERTIAN WEB SERVER, FUNGSI DAN CINTOHNYA

Assalamualaikum wr wb
Hasil gambar untuk web server

Hai teman teman kali ini sya akan membahas tentang web server


Web Server adalah sebuah perangkat lunak / software yang bertugas sebagai peladen atau pelayan yang melayani permintaan menggunakan protokol HTTP dan HTTPS dari client dan dalam melayani si client menggunakan aplikasi tertentu contohnya web browser

fungsi web server
 
Fungsi utama Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi.

 
contoh-contoh web server
- Apache
Hasil gambar untuk web server apache  
Apache merupakan sebuah software multiplatform / dapat berjalan di banyak OS contohnya Linux , BSD , Unix dan Microsoft Windows dan lain-lain .

   Web server apache yang awal mulanya sebuah software open source (perangkat lunak terbuka) adalah alternatif dari netscape yang kemudian sejak bulan april 1996 menjadi server web yang populer dan paling sering digunakan di internet. Asal mula nama Apache berasal ketika sebuah server web populer yang dikembangkan pada awal 1995 yang bernama NCSA HTTPd 1.3 memiliki sejumlah perubahan besar terhadap kode sumbernya (patch).

    Karena banyaknya patch pada perangkat lunak tersebut sehingga disebut sebuah server yang memiliki banyak patch (“a patchy" server). Tetapi pada halaman FAQ situs web resminya, disebutkan bahwa “Apache" dipilih untuk menghormati suku asli Indian Amerika Apache (Indé), yang dikenal karena keahlian dan strategi perangnya. Versi 2 dari Apache ditulis dari awal tanpa mengandung kode sumber dari NCSA.

- Nginx

Hasil gambar untuk web server nginx
 
Nginx (baca: engine x) adalah server HTTP dan Proxy dengan kode sumber terbuka yang bisa juga berfungsi sebagai proxy IMAP/POP3. Kode sumber nginx ditulis oleh seorang warga negara Rusia yang bernama Igor Sysoev pada tahun 2002 dan dirilis ke publik pada tahun 2004. Nginx terkenal karena stabil, memiliki tingkat performansi tinggi dan minim mengonsumsi sumber daya.
Nginx juga memiliki fitur seperti reverse proxy multiple protocols (HTTP, Memcached, PHP‑FPM, SCGI, uwsgi), Stream HTTP video (FLV, HDS, HLS, MP4) serta HTTP/2 gateway. Beberapa situs terkenal yang menggunakan Nginx adalah Wordpress, Fastmail, Ohloh, Sourceforge dan Github.


- Lighttpd

Hasil gambar untuk web server lighttpd
Lighttpd Web Server yang mengklaim sebagai web server paling hemat resource ini pertama kali rilis pada bulan Maret tahun 2003. Meskipun usianya terbilang lebih tua dari Nginx, tapi pengguna Lighttpd lebih sedikit jika dibanding dengan pengguna Nginx. Saat ini Lighttpd meguasai kurang dari setengah persen dari total pangsa pasar web server di dunia. Lighttpd dapat berjalan di sistem operasi Windows, Linux dan sistem operasi UNIX lainnya. Versi stabil Lighttpd saat ini adalah versi 1.4.35 yang dirilis pada 12 Maret 2014.

- Litespeed
Hasil gambar untuk web server litespeed
Littespeed sendiri mampu memproses PHP 50% dan 6 kali lebih cepat dibandingkan dengan Apache. Bahkan teknologi ini juga lebih cepat daripada web server lain seperti Nginx. Tak hanya sampai disitu, web server ini juga mampu mengurangi kemungkinan terjadinya overload server. Disamping itu dapat meminimalisir risiko everload, web server ini juga mampu menghalau serangan DDOS attack. Proses PHP yang ditawarkan teknologi ini tentunya lebih cepat daripada web server pada umumnya.

Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum wr wb 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN WEB SERVER, FUNGSI DAN CINTOHNYA"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...