PENGERTIAN DATABASE SERVER BESERTA CONTOHNYA

Assalamualaikum wr wb


Hai teman teman, pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang web server dan kali saya akan membahas tentang database server

Database server sering digunakan dalam berbagai hal seperti contohnya saja ketika kita membuat web server disekolah maka akan dibutuhkan databse server untuk menyimpan data data.
 
    Pengertian singkatnya database bisa dibilang sebagai tempat penyimpanan suatu data, contoh penerapannya didunia manusia salah satunya adalah sama seperti perpustakaan buku , karena salah satu fungsi perpustakaan buku adalah sebagai tempat penyimpanan buku.
 
   Server basis data adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan
pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer umumnya merupakan server yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan.
  
   Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi-fungsi server basis data, dan beberapa SMBD (seperti halnya MySQL ) sangat bergantung kepada model klien-server untuk mengakses basis datanya.

- mysql database
Gambar terkait

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data (SMBD) SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multialur, multipengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

    
    Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, di mana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, di mana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael

- oracle database
Hasil gambar untuk oracle database
 
Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).
Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

 - postgre SQL database
Hasil gambar untuk postgresql
 
PostgreSQL adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Peranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain.
PostgreSQL adalah sistem database yang kuat untuk urusan relasi, open source. Memiliki lebih dari 15 tahun pengembangan aktif dan sudah terbukti segala rancangan arsitekturnya telah mendapat reputasi tentang “kuat”, “handal”, “integritas data”, dan “akurasi data"

Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN DATABASE SERVER BESERTA CONTOHNYA"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...