KONFIGURASI ROUTING DINAMIK OSPF DI MIKROTIK

Assalamualaikum wr wb

Hai teman-teman kali ini saya akan membagikan cara konfigurasi routing dinamik ospf di mikrotik.
OSPF merupakan sebuah routing protokol yang dapat mendistribusikan informasi routing secara otomatis. OSPF menggunakan konsep hirarki routing yang mana dengan kata lain OSPF juga mampu membagi jaringan menjadi beberapa tingkatan. Tingkatan-tingkatan ini diwujudkan dengan menggunakan sistem pengelempokan yang disebut area.

OSPF ini saya gunakan pada jaringan yang berbasis luas tapi untuk tutorial saya hanya membari 2 router saja .Intinya itu OSPF lebih mudah karena hanya menambahkan network yang terhubung dengan interface routernya.

Topologi

 Berikut langkah-langkahnya
1. Pastikan setiap router sudah terhubung ke internet lewat kabel
2. Masuk ke winbox, dan pastikan kalian sudah kasih ip untuk internet dan ip menuju laptop.
3. Pergi ke menu routing > OSPF

4. Lalu pergi ke tab instances dan klik default 2 kali. Selanjutnya untuk Redistribute Connected routes diganti ke as type 1
6. Kemudian pergi ke tab network, lalu isikan dengan interface yang terhubung ke router
Router 1

Roiter 2

Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KONFIGURASI ROUTING DINAMIK OSPF DI MIKROTIK"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...