MENGENAL MENU-MENU DI INKSCAPE | DESAIN

Assalamualaikum wr wb





Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang menu-menu di inkscape, Yang pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang inkscape

- Nama file
  Nama file ( baris nama ) merupakan nama dan jenis halaman keja yang sedang aktif, pada saat pertama kali inkscape di jalankan bertuliskan New Document1-Inkscape

- Menu bar
Menu Bar ( baris menu ) , berisi daftar perintah yang bisa digunakan berupa menu, jika salah satu menu diklik maka akan muncul submenu lainnya.

- Command bar
Command Bar, menampilkan ikon-ikon yang merupakan perintah utama dalam program Inkscape, seperti ikon membuat halaman baru, membuka gambar yang sudah dibuat sebelumnya, menyimpan gambar, dan lain-lain.

- Tool control
Tool Control, menampilkan ikon-ikon untuk melakukan pengaturan pada object yang sedang dikerjakan, misalnya mengtur jarak object dari penggir halaman, mengatur tinggi dan lebar object, memutar object, dan lain-lain. Ikon pada Tool Control secara otomatis berubah pada saat salah satu ikon pada Tool Box di klik. 

- Ruler  
Ruler atau penggaris merupakan alat bantu untuk mengukur panjang dan lebar suatu canvas atau halaman kerja. 

- Tool box
Tool Box, berisi berbagai ikon untuk memudahkan dalam menggambar, pada saat salah satu ikon diklik maka secara otomatis ikon pada Tool Control ikut berubah, ikon Tool Box letaknya di pinggir sebelah kiri dengan posisi tegak (vertikal).

- Canvas
Canvas, merupakan area kerja untuk menempatkan object yang dibuat, pada saat melakukan pencetakan (printing) object yang berada pada canvas namun diluar halaman kerja tidak ikut tercetak.

- Page
Page atau kadang disebut lembar kerja merupakan area kerja didalam canvas, area ini dapat memanjang keluar dari area pandang, kita dapat menyorot halaman ini sesuai kebutuhan, dengan mengeser Sroll Bar ke kiri-kanan atau ke atas-bawah, pada saat melakukan pencetakkan object yang berada di halaman kerja inilah yang akan tercetak

- Scrool bar
Scroll Bar fungsinya untuk menggulung tampilan layar agar turun atau naik (vertical) dan ke kiri atau ke kanan (horizontal). Penggunaan Scroll Bar juga dapat dilakukan dengan Keyboard, caranya tekan Ctrl kemudian tekan tombol arah, Ctrl+Arah kanan/kiri untuk menggulung layar ke kiri/kanan (horizontal), sedangkan Ctrl+Arah atas/bawah untuk menggulung layar ke atas/bawah (vertical)

- Snap controls
Digunakan untuk membatu penempatan object secara tepat pada canvas dengan

mendekatkan object pada terget tertentu sesuai parameter yang dilakukan.

- Color pallete
Color Palette (palet warna), berisi ikon-ikon warna untuk memberi warna pada gambar sesuai warna yang dipilih, untuk memilih warna lain yang tidak terlihat geser Scroll Bars yang disertakan dibawah color palette. Untuk menerapkan warna pada fill pilih object kemudian klik ikon warna yang sesuai, sedangkan untuk menerapkan warna pada stroke lakukan sambil menekan tombol Shift.

- Status bar
Status Bar, berisi kolom-kolom yang menampilkan berbagai status dari area kerjadan object yang sedang dikerjakan.
Berikut keterangan dari Kolom-kolom yang ada pada Status Bar:

  1.   Style Indicator fungsinya untuk melihat tampilan style dan warna object yang sedang dikerjakan baik fill maupun stroke, pada saat Style indicator diklik maka akan muncul jendela pengaturan Fill and Stroke .
  2.   Opacity Setting digunakan untuk mengatur Opacity atau kecerahan fill atau stroke pada object yang sedang dikerjakan.
  3.   Layer Indicator digunakan untuk melakukan pengaturan layer pada canvas yang sudah dibuat atau yang sedang dikerjakan.
  4.   Notification Area berisi keterangan dan status dari object yang sedang dikerjakan.
  5. Pointer Position, berisi keterangan posisi dan letak dari pointer atau kursor pada canvas.
  6.   Zoom, berisi keterangan besar dan kecilnya tampilan pada canvas/page
Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum wr wb 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL MENU-MENU DI INKSCAPE | DESAIN"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...