MENGATUR CANVAS DAN PAGE DI INKSCAPE | DESAIN

Assalamualaikum wr wb





Hasil gambar untuk inkscape

Hai teman-teman kali ini saya akan membagikan cara mengatur canvas dan page di inkscape

Mengatur canvas dan halaman

untuk mengatur canvas dan halaman, klik file => Document Properties atau tekan ctrl+shift+D. Cara lainnya dapat dilakukan dengan klik  icon Document Properties pada command bar.

- Display units
Display unit berfungsi mengatur jenis ukuran ruler atau penggaris, untuk ukuran defaultnya adalah px dan kita dapat mengatur sesuai keinginan kita,namun jika saat membuat projek ukuran sudah diubah kemudian menyimpan projek tersebut dan suatu saat kita membukanya kembali maka ukuran yang dipakai  sesuai dengan ukuran yang sudah diubah terkhir kali

catatan:
unit atau ukuran Feet dan Meter tidak tersedia pada ukurang inkscape sebab ukuran tersebut tidak termasuk standar dalam SVG dan CSS.

-  Background canvas atau Checkerboard background
 Berguna untuk mengatu warna latar belakang canvas, warna yang muncul hanya tampialan saja.



- Page size
Berguna untuk memilih dan mengatur ukuran halaman kerja, terdapat beberapa bagian untuk melakukan pengaturan yaitu:
* page size: digunakan untuk memilih jenis halaman kerja atau kertas, orientation digunakan untuk mengatur posisi kertas
* custom size: digunakan untuk mengatur halaman sesuai kebutuhan kita atau mengatur jenis halaman secara manual yang belum tersedia di daftar menu page size.

- Jarak pinggir halaman
 Agar hasil gambar yang kiat buat tidak terpotong saat dicetak, maka perlu dilakukan pengaturan batas halaman. Caranya klik resize page to content maka akan keluar jarak halaman kerja dari atas, bawah, kiri, dan kanan yang sebelumnya tersembunyi. Atur jarak margin halaman sesuai kebutuhan.

catatan:
Batas dari jangkauan cetak tergantung dari jenis printer yang dipakai

- Border
Border berfungsi untuk menampilkan garis atau bingkai pada tepi halaman, disini terdapat 3 submenu untuk mengaturnya.


- Guides
Guides atau garis panduan merupakan garis yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam membuat gambar atau objek terutama untuk mengatur letak dan posisi objek. Guides dapat digeser dan diatur sesuai posisi object yang dibuat.


- Membuat garis guides
Untuk membuat guides ikuti cara berikut:
arahkan kursor pada ruler atau penggaris bagian atas dan klik tanda segitigan kecil kemudian tahan dan seret ke halaman atau ke canvas. Untuk membuat guides vertikal seret segitiga tersebut dari kiri ke casvas atau halaman, sedangkan untuk guides horizontal dapat dilakukan dari atas dan untuk diagonal atau miring dapat dibuat dengan menyeret tanda segitiga pada pojok ruler atau penggaris dan secara otomatis sudutnya 45 derajat.






- Modifikasi guides
Klik 2 kali guides untuk mengatur posisi guides, X menandakan jarak dari kiri kanvas , Y menandakan jarak dari bawah, sedangkan angle menunjukan kemiringan gudes. Untuk menghapus guides dapat dilakukan dengan klik delete atau dengan mengeklik guides hingga warnanya merah kemudian tekan tombol delete pada keyboard. Untu menyembunyikan guides dapat dilakukan klik view =>Guides atau dengan menekan tombol | pada keyboard, untuk cara lain klik file => Document properties => guides, Lalu hilangkan tanda centang pada show guides .


Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf
 


Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGATUR CANVAS DAN PAGE DI INKSCAPE | DESAIN"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...