PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM SISTEM OPERASI

Assalamualaikum wr wb
Hasil gambar untuk sistem operasi

Hai teman-teman kali ini saya  akan membahas tentang sistem operasi

    Sistem Operasi adalah perangkat lunak system yang bertugas untuk melakukan control dan memanagement perangkat keras serta operasi dasar system,termassuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program program pengolah kata dan lain-lain.


      Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat luunak pada lapisan pertama yang di tempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting.

Beberapa sistem operasi

1. Windows  
     Winndows adalah salah satu system operasi yang merupakan media tatap muka antara mesin komputer dengan penggunanya. Windows dikembangkan oleh perusahaan besar bernama Microsoft yang di pimpin oleh Bill Gates. Banyak sekali versi versi yang dimiliki windows, Windows 10 (di rilis pada 29 juli 2015),Windows 8.1 (di rilis pada 18 oktober 2013),Windows 7 (dirilis pada 22 oktober 2009),Windows vista (di rilis pada 30 januari 2007),Windows xp (di rilis pada 25 oktober 2001), dan masih banyak versi-versi yang lainnya.



2. Mac OS
    Sama seperti Windows,Mac Os juga adalah sebuah system operasi yang di sebarkan oleh Apple inc. System operasi ini di sediakan untuk komputer Machintos. Mac Os juga memiliki banyak versi antara lain, Mac Os 10.13 (kode:”Hight Sierra” September 2017),Mac Os 10.12 (kode:”sierra” September 2016), dan masih banyak versi yang lainnya.

3. Unix
     Sama  seperti halnya windows dan Mac Os,Unix juga merupakan sebuah system operasi yang di awali oleh project multics(Multiplexed information and computing service) pada tahun 1965 American telephone and telegraph (AT dan  T), General Elektrik (IGE),dan Insitut Teknologi Massachussets, dengan biaya dari departemen pertahanan Amerika (Departemen of Defence  Advanced Research project DPRPA atau ARPA).

4. Linux
   Linux merupakan Sistem Operasi yang di adopsi dari unix dan tersedia secara bebas dan mendapat popularitas sebagai alternatif dari system operasi proprietary seperti Ms Windows. Kode sumber linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan

kembali secara bebas oleh siapa saja

~ macam-macam sistem operasi

- Sistem operasi stand alone
    Maksudnya stand alone di sini adalah system operasi tersebut lengkap, bisa berdiri sendiri dan bisa d gunakan untuk single user atau multi user,dan memiliki fitur” tertentu contoh OS ini adalah Mac OS,Windows dan linux.
 
 - Sistem operasi jaringan
   Sistem operasi jaringan merupakan sebuah system operasi yang di khususkan untuk menangani jaringan. Fungsi dan system operasi jaringan sangat banyak  diantaranya yaitu memungkinkan pengguna untuk berbagi berkas, penggunaan alat pencetak (printer) bersama-sama ,DNS service, HTTP service, dan lainnya.


Sistem operasi Embedded
   Embedded kalau di artikan adalah di tanamkan, berarti  system operasi embedded adalah system operasi yang tertanam dalam komputer dan hanya di program untuk melaksanakan program tertentu yang spesifik.

- Sistem operasi live cd
   Sistem Operasi yang tersimpan di bbootable CD atau VCD dan dapat langsung di jalankan tanpa harus menginstal secara permanen,OS ini memiliki kapasitas yang ringan,kira-kira di bawah ukuran CDnya dan hanya memiliki fitur yang terbatas

Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf


Wassalamualaikum wr wb  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM SISTEM OPERASI"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...