DNS (DOMAIN NAME SYSTEM)

Assalamualaikum wr wb
Hasil gambar untuk dns



DNS dan DNS SERVER
   DNS (DOMAIN NAME SYSTEM) : adalah sebuah standard dalam technology untuk mengatur penamaan publik dari sebuah situs website atau domain internet. Dengan adanya teknologi DNS, memungkinkan anda untuk mengetikkan atau menulis nama atau domain ke sebuah web browser (misal www.bestariwebhost.com) dan komputer anda akan secara otomatis menemukan alamat IP dari domain tersebut di internet. Elemen kunci dari DNS adalah seluruh DNS Server yang ada di dunia.
DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet di mana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4)


DNS server adalah komputer atau server yang terdaftar dan terhubung ke Domain name System (DNS). DNS Server bertugas menjalankan software networking khusus, yang memetakan alamat IP yang berisi database nama network dan internet hostname.

~ DNS ROOT SERVERS
     DNS servers melakukan komunikasi antar satu dengan yang lainnya melalui private network. Semua DNS Server terorganisir dalam sebuah hierarchy (level). Di level paling atas (top level) hierarchy, biasa disebut sebagai root servers yang menyimpan database lengkap dari nama domain internet beserta Alamat IP yang terhubung dengan domain internet tersebut. Internet memiliki 13 Unit root servers yang terkenal dengan peran khusus mereka.
     Root server  dikelola oleh berbagai lembaga, dan diberinama alphabet A, B, C sampai M. 10 Server berlokasi di USA, 1 di Japan, 1 di London, dan 1 lagi di Stockholm, Swedia.

Root server
apa itu dns, dns adalah, domain name system, mengenal dns  Jadi DNS adalah sebuah system terdistribusi, artinya hanya ada 13 root server yang berisi database domain internet beserta alamat IP yang terhubung dengannya.
    DNS Server yang berada di bawah root server rata-rata dimiliki oleh perusahaan swasta atau oleh ISP (Internet Service Providers). Sebagai contoh, Google mengelola berbagai DNS Server di seluruh dunia untuk memanage google.com, google.co.uk, dan domain google lainnya. ISP juga mengelola DNS Server sebagai bagian dari setup koneksi internet yang bisa menghubungkan komputer kalian ke internet.

   
Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf


Wassalamualaikum wr wb  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DNS (DOMAIN NAME SYSTEM)"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...