PEMBAGIAN JARINGAN MENURUT JANGKAUAN WILAYAH

Assalamualaikum wr wb

Hai teman-teman kali ini saya akan membahas pembagian jaringan menurut jangkauan wilayah.
Hasil gambar untuk pembagian jaringan menurut wilayah


Jaringan komunikasi yang memungkinkan 2 komputer atau lebih dapat saling berkomunikasi atau bertukar data.
Pembagian jaringan menurut jangkauan wilayah

- PAN (Personal Area Network)
  Jaringan yang digunakan untuk komunikasi antar  perangkat komputer saja
dan jangkauan dari jaringan ini relatif sangat dekat hanya beberapa meter saja. Contohnya mouse wireless,  hp dengan laptop

- LAN (Local Area Network)
  Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencangkup wilayah kecil saja, seperti : jaringan komputer sekolah, gedung ,rumah, kampus atau jaringan yang lebih kecil. Kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan switch. Selain teknologi Ethernet saat ini teknologi 802.11b (atau sering disebut wi-fi) juga sering digunakan untuk membuat LAN.

- MAN (Metropolitan Area Network)
 Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi  yang menghubungkan berbagai lokasi seperti : kampus, perkantoran, pemerintahan , dll. Jangkauan MAN mampu mencapai 5 sampai 50 km.

- WAN (Wide Area Network

 Jaringan komputer yang mencangkup area yang besar  seperti , jaringan komputer antar wilayah, kota , bahkan negara atau dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lainnya. Sehingga pengguna di lokasi satu dapat berkomuniaksi dengan pengguna di loakasi lainnya.

Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maad

Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEMBAGIAN JARINGAN MENURUT JANGKAUAN WILAYAH"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...