TRAINING CISCO HARI KESEPULUH | PENGUJIAN DAN PEMECAHAN MASALAH

Assalamualaikum wr wb
Hai teman teman kali ini saya akan membagikan kegiata trinig saya pada di hari kesepuluh


Pada hari ini saya memahami materi pada bab 9 yaitu

9.1 Apa yang Harus Dilakukan Saat Tidak Bekerja?
Jelaskan langkah-langkah yang harus diambil saat konfigurasi baru tidak berjalan seperti yang diharapkan.
9.2 Mengatasi Masalah di Jaringan
Troubleshoot masalah jaringan dengan utilitas jaringan umum.
9.3 Mengidentifikasi dan Memperbaiki Masalah Umum
Troubleshoot masalah konektivitas jaringan.
9.4 Bekerja dengan Dukungan Pelanggan
Jelaskan bagaimana bekerja dengan dukungan pelanggan.

Berikut pembahasannya

Bab 9.1 Apa yang harus dilakukan saat tidak bekerja?

Apa itu Pemecahan Masalah Jaringan?

- Proses mengidentifikasi, menemukan dan memperbaiki masalah.
- Pertahankan dokumentasi yang baik saat troubleshooting.

Mengumpulkan informasi

- Pertanyaan individu yang melaporkan
- Masalah dan masalah lainnya
- Pengguna yang terkena dampak.
- Kumpulkan informasi tentang apapun peralatan yang mungkin terpengaruh

Memilih pendekatan pemecahan masalah
- Top-down
- Divide-and conquer
- Bottom-up

Pendekatan Bagus lainnya
- Trial dan Error
- Substitution

Bab 9.2 mengatasi masalah jaringan

Menggunakan indra Anda
- Melihat
- Bau
- Menyentuh
- Mendengar

Menggunakan Perangkat Lunak and Utilities
- ipconfig
- ping
- netstat
- tracert
- nslookup

Menggunakan perintah ping
Ping digunakan untuk menguji apakah host tujuan dapat dijangkau.
Perintah ping bisa diikuti dengan alamat IP atau nama host tujuan.
Jika ping ke kedua nama dan alamat IP berhasil, namun pengguna tetap tidak dapat mengakses aplikasi, maka masalahnya kemungkinan besar berada pada aplikasi pada host tujuan.

Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalan menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah.
Jika ping ke gateway default berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke gateway default gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.
Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjang jalan yang menghalangi ping.

Dapatkah saya mencapai tujuan saya??
Utilitas tracert menyediakan informasi konektivitas tentang jalur yang dibutuhkan paket untuk mencapai tujuan dan tentang setiap router (hop) di sepanjang jalan. 
- Mengidentifikasi Koneksi Aktif
- netstat mencantumkan protokol yang digunakan, alamat lokal dan nomor port, alamat asing dan nomor port, dan status koneksi.
- Troubleshooting DNS
- Utilitas nslookup memungkinkan
- Pengguna akhir untuk mencari informasi
- Tentang nama DNS tertentu di server DNS.

Bab 9.3 mengidentifikasi dan memperbaiki masalah umum

Membagi dan menaklukan

- Ping dari klien nirkabel ke gateway default
- Ping dari klien kabel ke gateway default
- Ping dari nirkabel klien ke klien kabel

Bottom Up
- Periksa LED
- LED mungkin berubah warna atau flash untuk menyampaikan informasi.

Memecahkan masalah yang umumnya terjadi pada jaringan :
Masalah Perkabelan
- Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar.
- Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A atau T568B.
- Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati.
- Pastikan port yang benar sedang digunakan.
- Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik.

Penyebab Masalah Nirkabel
- Tidak semua standar nirkabel kompatibel.
- Setiap percakapan nirkabel harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih.
- Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak.
- Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
- AP berbagi bandwidth yang tersedia di antara perangkat.

Kesalahan Otentikasi dan Asosiasi
- SSID harus sesuai dengan AP dan client.
- Client dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama.
- Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien.

Kesalahan Konfigurasi Server DHCP
- Informasi tabel klien harus sesuai dengan informasi host lokal
- Periksa untuk memastikan bahwa router memiliki alamat IP
- Antarmuka LAN dari router nirkabel harus ditetapkan sebagai gateway default.

Mengapa Kita Tidak Bisa sampai ke Internet??
- Periksa halaman status router.
- Periksa semua koneksi fisik dan indikator LED.
- Cobalah untuk membangun kembali konektivitas

Mungkinkah itu Firewall?

- Periksa apakah aplikasi itu
- Port TCP atau UDP terbuka dan tidak ada daftar filter
- Memblokir lalu lintas ke port itu
- Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak pembatasan keamanan bisa menyebabkan masalah.

Bab 9.4 Bekerja dengan dukungan pelanggan

Dimana saya bisa mendapatkan bantuan?
Mungkin perlu mendapat bantuan dari sumber luar.

Kapan Memanggil Bantuan
- Mungkin perlu menghubungi bagian dukungan vendor atau ISP untuk mendapatkan bantuan. 

Menggunakan Meja Dukungan
- Penting untuk memberi informasi pendukung sebanyak mungkin informasi.

Menyelesaikan Masalah
- Mereka dapat meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi.
- Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan.

Tiket dan Tata Kerja
- Saat pelanggan mengidentifikasi siapa mereka, si teknisi mengakses pelanggan yang relevan informasi.
- Informasi dipindahkan kesebuah tiket masalah, atau laporan kejadian.
- Bila diperlukan panggilan di tempat,Informasi tiket bermasalah bisa dikonversi menjadi sebuah perintah kerja.


Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf


Wassalamualaikum wr wb 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TRAINING CISCO HARI KESEPULUH | PENGUJIAN DAN PEMECAHAN MASALAH"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...