CARA MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK

Assalamualaikum wr wb

Hai teman teman kali ini saya akan membahas cara membuat hotspot di mikrotik


Hotspot adalah salah satu fitur yang terdapat di Mikrotik yang digunakan untuk memberikan layanan akses internet di area publik dengan media kabel maupun wireless. Dan Hotspot menggunakan autentikasi untuk menjaga jaringan tetap dapat dijaga walaupun bersifat public.
 
1. Pertama kita buka terlebih dahulu Mikrotik menggunakan winbox. kemudian pergi ke menu wireless dan aktifkan interface wlannya dengan mengeklik wlan kemudian pilih tombol centang

2. Selanjutnya kita setting wlan dengan mode ap-bridge. jadi di settingnya ap-bridge ini digunakan ketika akan menggunakan hotspot melalui jaringan wifi. disni juga kita akan mengatur band dan SSIDnya

3. Kemudian kita buat hotspotnya pada menu IP>Hotspot> lalu pilih hostspot setup, lalu kita akan dimintai untuk memilih interface mana yang akan dijadika untuk mengakses hostpot.
Disini saya menggunakan kabel maka saya memilih interface ether1 untuk mengakses hotspot. jika kita ingun menggunakan wifi maka kita pilih interface wlan1 yang sudah disetting sebelumnya.setelah memilih interface kita klik next,

kemudian masukan ip dan jangan lupa centang pada masquarade network jika ingin melakukan NAT

Berikutnya adalah ip pool, disini kita setting sesuai dengan kebutuhan kita ip address mana yang akan kita berikan kepada klient

selajutnya akan ada pilihan select certificate, kita pilih none saja


kemudian untuk SMTP server kite lewatkan saja


lalu isikan DNS server, disini saya menggunakan DNS server 8.8.8.8 dan 8.8.8.4 lalu klik next


setelah itu kita akan diminta mengisi DNS Name, kita bisa mengisi nya sesuai dengan keinginan kita. Sebagai contoh disini saya menambahkan dns name yaitu : smk.com


kemudian kita diminta untuk mengisi user login dan password yang nantinya akan digunakan router untuk mengautentifikasi klient jika mengakses internet melalui hostpot. Disini kita bisa mengisi nya sesuai dengan keinginan kita. Sebagai contoh disini saya menambahkan user login yaitu admin dengan password 123

Langkah selanjutnya kita akan mencoba mengakses internet melalui web browser. Ketika saya mengakses internet maka dengan sendirinya muncul tampilan untuk login. artinya pc saya belum terautentifikasi oleh router. maka dia akan mengalihkan ke halaman login hostpot.
Disini kita harus mengisi user login dan password maka dari itu kita akan bisa mengakses sebuah internet melalui hostpot.



Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf


Wassalamualaikum wr wb 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...