3 LAPISAN KEAMANAN WIRELESS MIKROTIK

Assalamualaikum wr wb
Hai teman-teman kali ini saya akan membahas keamana wireless mikrotik.

Di mikrotik terdapat 3 sistem keamanan yang bisa kita terapkan untuk keamanan pada wireless dan ketiganya dapat dilakukan secara bersamaan.

1. HIDE SSID
Hide SSID adalah menyembunyikan SSID hotspot mikrotik kita sehingga tidak ada yang dapat mengetahuinya. Anda bisa menggunakan pada menu Wireless, lalu kil 2 kali pada interface wireless, lalu pilih pada tab wireless dan centang pada hide SSID

Jika opsi ini dicentang, maka SSID mikrotiknya tidak akan muncul jika discan. Dan pada laptop windows akan muncul sebagi hidden network

2. Security profile
Security Profile adalah fitur yang ada pada mikrotik untuk menambahkan autentikasi menggunakan enkripsi dynamic key : WPA/WPA2 dan static key : WAP. Untuk masuk fitur ini bisa pergi ke menu Wireless > Security Profiles.

Selanjutnya untuk mengaktifkan fitur ini caranya masuk pada menu wireless > klik 2 kali pada interface wlannya lalu masuk pada tab wireless. Kemudian kita ganti security profilenya yang telah kita buat.

3. Access list dan connect list
Access List berfungsi memfilter client yang tersambung ke jaringan. Access list ini memfillter perangkat berdasarkan MAC address perangkat tersebut.


Connect List adalah filter autentikasi sebuah wireless client (mode Station) terhadap AP mana yang ingin terkoneksi. Conect list ini memfilter AP yang akan tersambung ke client berdasarkan MAC addressnya. Bedanya dengan Access list adalah kalau Access list di AP sedangkan Conect list di station.

Jika ingin menggunakan fitur ini maka kita harus uncentang pada opsi Default authenticate pada menu tab Wireless. Jika tidak maka fitur ini tidak akan aktif.


Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 LAPISAN KEAMANAN WIRELESS MIKROTIK"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...