PERBEDAAN HUB, SWITCH, BRIDGE DAN ROUTER

Assalamualaikum wr wb
Hasil gambar untuk perbedaan hub switch bridge router 


Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang perbedaan hub, switch, bridge dan router. Ketika ingin menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan kita sering dengar yang namanya hub, switch, bridge dan router. Lalu apa perbedaannya? ok mari kita mulai pembahasan


-  Switch
   Switch adalah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan. switch secara fisik sama dengan hub tetapi logikanya sama dengan bridge.

- Hub
  Hub adalah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan.

- Bridge
   Bridge adalah piranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen berdasar informasi pada lapisan data link. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan yang sama.
   Bridge bekerja dengan mengenali alamat MAC asal yang menstransmisi data ke jaringan dan secara otomatis membangun sebuah tabel internal. Tabel ini berfungsi untuk menentukan ke segmen mana packet akan di route dan menyediakan kemampuan filtering.
 
- Router
   Router adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan suatu LAN ke suatu internetworking/WAN dan mengelola penyaluran lalu-lintas data di dalamnya. Router akan menentukan jalur terbaik untuk komunikasi data. Router bekerja pada layer network dari model OSI untuk memindahkan paket-paket antar jaringan menggunakan alamat logikanya.
  Router memiliki tabel routing yang melakukan pencatatan terhadap semua alamat jaringan yang diketahui dan lintasan yang mungkin dilalui serta waktu tempuhnya. Router bekerja hanya jika protokol jaringan yang dikonfigurasi adalah protokol yang routable seperti TCP/IP atau IPX/SPX. ini berbeda dengan bridge yang bersifat protokol independent.






Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf


Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERBEDAAN HUB, SWITCH, BRIDGE DAN ROUTER"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...