PENGERTIAN FIREWALL, FUNGSI MANFAAT, DAN CARA KERJA FIREWALL

Assalamualaikum wr wb
Hasil gambar untuk firewall

Hai teman teman, kali ini saya akan membahas tentang firewall, fungsi, manfaat, dan cara kerjanya.


Firewall merupaka sistem yang didesain untuk mencegah akses mencurigakan masuk ke dalam jaringan pribadi. Untuk mencegah berbagai serangan yang tidak diinginkan, firewall bekerja dengan mengontrol baik itu melacak, mengendalikan dan memutuskan suatu perintah bahwa jaringa ini boleh lewat (pass), perlu di jatuhkan (drop), perlu ditolak (reject)

   Secara umum firewal dugunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap privat dari pihak luar, Saat ini, pengertian firewall difahami dengan istillah generik yang merujuk pada fungsi firewall sebagai sistem pengatur komunikasi antar dua jaringan yang berlainan. Mengingat sekarang ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke internet maka perlindungan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, sehingga fungsi firewall menjadi hal yang esensial.
- Fungsi Firewalll

 a.) Mencegah informasi yang berharga
 b.) Mencegah modifikasi data pihak lain
 c.) Memiliki kemampuan untuk menahan serangan internet
 d.) Sebagai pos keamanan jaringan
 e.) Mencatat aktifitas pengguna

- Manfaat Firewall

 a.) Menjaga informasi rahasia dan berharga yang menyelinap keluar tanpa sepengetahuan
 b.) Untuk memodifikasi paket data yang datang di firewall
 c.) Sebagain filter juga digunakan untuk mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan


- Cara kerja firewall

   Pada dasarnya  firewall bekerja dengan cara membatasi komputer pribadi dengan internet. Firewall bekerja layaknya penjaga keamanam di depan gerbang rumah dan mengidentifikasi pengunjung yang datang, sekaligus menyaring penyusup yang berusaha memasuki komputer pribadi. Firewall bekerja menyaring lalu lintas komputer dengan menggunakan alamat ip, nomor port, serta protokol. Seiring dengan perkembangannya, kini firewall mampu menyaring data yang masuk dengan mengidentifikasi terlebih dahulu pesan konten yang dibawahnya.

Jadi firewall berperan sangat penting di jaringan kita, agar  serngan-serangan dari luar dapat di filter terlebih dahulu sebelum masuk l\ke area jaringan yang kita miliki


Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf




Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN FIREWALL, FUNGSI MANFAAT, DAN CARA KERJA FIREWALL"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...