MENGENAL APA ITU VIRTUALISASI

Assalamualaikum wr wb
Hasil gambar untuk virtualisasi

Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang virtualisasi.
 Dengan adanya virtualisai kita dapat mudah melakukan simulasi, misalnya simulasi install Debian server di virtualbox beserta konfigurasinya.



   Virtualisasi adalah sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal, atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.


  Istilah virtualisasi sudah digunakan secara luas sejak 1960-an, dan telah diaplikasikan kepada beberapa aspek komputer dari keseluruhan sistem komputer sampai sebuah kemampuan atau komponen individu. Secara umum semua teknologi virtualisasi mengacu kepada "menyembunyikan detail teknis" melalui enkapsulasi.



    Virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk atau versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, misalnya sistem operasi,perangkat storage atau penyimpanan data atau sumber daya jaringan.virtualisasi bisa diimplementasikan kedalam berbagai bentuk, antara lain :
  1.  Network Virtualization : VLAN, virtual IP (untclustering), Mulitilink
  2.  Memory Virtualization : pooling memory dari node-node di cluster
  3. Grip computing : banyak komputer = satu
  4.  Application Virtualization : Dosemu, Wine
  5. Storage Virtualization : RAID, LYM
  6. Platform Virtualization : virtual komputer
Dengan adanya virtualisasi bisa memudahkan kita untuk mencoba, sebelum ke perangkat aslinya


Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf



Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL APA ITU VIRTUALISASI"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...