JENIS DAN KONSEP ROUTING

Assalamualaikum wr wb

Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas tentang jenis dan konsep routing. Ok langsung saja kia ke pembahasannya

- router

   Router adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengatur seluruh arus lalu lintas data dari suatu jaringan tertentu.dan dengan menggunakan sebuah router seorang admin jaringan,dapat membuat sebuah jaringan yang berbeda menjadi satu jaringan yang sama.Contoh yang dapat kita ambil dari suatu aktivitas dari kehidupan di dunia nyata adalah tindakan dari seorang polisi yang sedang mengatur arus lalu lintas dari suatu wilayah tertentu.Nah,router itu dapat diibaratkan sebagai seorang polisi yang sedang mengatur arus lalu lintas tadi. 


- routing

   Routing adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh sebuah router yang digunakan untuk memilih suatu jalur yang tercepat sekaligus efisien.Contoh yang dapat kita ambil dari dunia nyata adalah ketika seorang polisi sedang mengarahkan rute perjalanan pengendara motor maupun mobil melewati rute yang lebih cepat ataupun mengarahkan ke rute yang lebih aman dan tidak rawan akan kemacetan.Contohnnya Apabila Jalur pada rute A arus lalu lintasnya sudah sampai titik macet,maka seorang polisi akan mengarahkan pengendara mobil maupun motor ke arah jalur pada rute B yang masih jarang digunakan untuk dilalui banyak kendaraan agar lebih cepat dan lebih efisien ketika melalui jalur tersebut.

- jenis-jenis routing


Ada 3 jenis routing yang sering digunakan yaitu : 

1. Routing Static

Routing statik adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statik yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan

2. Routing Dynamic

Routing dinamik adalah routing yang dilakukan oleh router dengan cara membuat jalur komunikasi data secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang dibuat.


3. Default Routing

 

Default route adalah sebuah rute yang dianggap cocok dengan semua IP address tujuan.
Dengan default route ketika IP destination(tujuan) dari sebuah paket tidak ditemukan dalam tabel routing, maka router akan menggunakan default route untuk mem-forward paket tersebut.
Default route paling cocok berfungsi ketika hanya ada satu rute ke suatu network.

   Penggunaan routing sangatlah dierlukan guna untuk meredakan arus lalu lintas dari suatu jaringan tertentu. Dengan menggunakan routing kita dapat menghubungkan suatu jaringan yang berbeda yang dapat saling berkomunikasi antar jaringan.

Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum wr wb 
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JENIS DAN KONSEP ROUTING"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...