SISTEM KOMPUTER

Assalamualaikum wr wb

Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang sistem komputer. Didal imlu komputer terdapat istilah yang namanya hardware, software dan barinware. Lalu apa itu? ok mari kita mulai prmbahasannnya

Hardware
Hardware adalah sebuah komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan atau dalam arti singkatnya sebuah komponen pada komputer yang bisa disentuh, dilihat dan diraba. Didalam hardware sendiri terdapat 3 perangkay yaitu
1. Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
2. Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
3. Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya.

Macam-macam perangkat keras
1. CPU (Central Processing Unit)
2. Monitor
3. Keyboard
4. Mouse
5. Printer
6. CD ROM
7. Compact Disk (CD)
8. Floppy Disk
9. Hardddisk
10. Scanner
  
Software
Software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perinah. Software juga berperan sebagai jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Penggunaan software diklasifikasikan menjadi 5 macam yaitu:
 
1. Sistem operasi (Operasi system)
2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahasa pemprograman (Programming Language)

Brainware
Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya brainware, komputer tidak bisa dijalankan. Maka, peran brainware di sini sangatlah penting sehingga komputer bisa digunakan dan dioperasikan dengan baik oleh penggunanya.

Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SISTEM KOMPUTER"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...