KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KABEL JARINGAN

Assalamualaikum wr wb

 Gambar terkait


- Kelebihan

1. Memiliki kecepatan transmisi data yang tinggi
Kelebihan pertama jaringan kabel adalah memiliki kecepatan transmisi data yang cenderung tinggi. Meskipun bisa saja memiliki kecepatan yang kalah dengan konektivitas jaringan wireless, namun paling tidak dari segi kecepatan dan tansmisi data, kedua jenis jaringan ini memiliiki kecepatan yang tidak terlalu jauh berbeda.

Terlebih jika kabel yang digunakan menggunakan kabel fiber optik yang mempunyai kecepatang yang tinggi untuk pembangunan jaringan dengan jangka panjang.


2. Biaya pemasangan dan implementasi yang lebih murah dibandingkan dengan wireless.
Untuk biaya impelemntasi kabel jaringan cenderung lebih murah apabila dibandingkan dengan sistem jaringan wireless. Perangkat keras jaringan komputer yang satu ini, cukup ringkas karena tidak menggunakan kabel dan sangat simple untuk jaringan kecil.

Dengan menggunakan jaingan kabel, maka tentu saja biaya bisa jauh ditekan, sehingga dapat menghasilkan suatu jaringan yang memiliki nilai yang tidak terlalu mahal. Selain itu, untuk melakukan konfigurasi dengan menggunakan jaringan kabel juga tidak terlalu rumit.


3. Kabel jaringan lebih menjangkau hingga daerah-daerah pelosok yang belum terdapat akses wireless

4. Biaya untuk membangun menggunakan kabel jaringan lebih murah dibandingkan dengan wireless

5. Tidak terpengaruh dengan cuaca di sekitar

- Kekurangan

  1.Membutuhkan banyak kabel, apalagi untuk jaringan yang luas dan besar
Pada dasarnya, jaringan kabel juga bisa diterapkan pada jaringan yang luas (WAN). Akan tetapi, dapat anda bayangkan apa yang harus anda lakukan untuk menghubungkan Negara yang berbeda benua dengan menggunakan jaringan kabel?

Berapa kilometer kabel yang harus anda siapkan, dan laut mana saja yang harus anda salami untuk menempatkan kabel jaringan anda? Hal ini tentu saja akan sangat sulit untuk dilakukan, karena itu, jaringan kabel kurang cocok, dan mungkin sangat tidak cocok untuk diaplikasikan pada sebuah jaringan luas atau WAN.

 
2. Posisi dan tata letak kabel rentan terhadap gangguan hama.
Kasus kerusakana kabel karena hewan liar dan hama sudah sangat sering dan umum terjadi. Ini juga merupakan salah satu kelemahan dari sistem jaringan kabel. Kabel jaringan akan sangat mungkin mengalami kerusakan diakibatkan oleh hama, terutama hewan pengerat seperti tikus.

Ketika hewan pengerat seperti tikus menggigiti kabel, maka kabel bisa mengalami kerusakan. Bahkan bisa putus sama sekali, dan tentu saja harus diperbaiki, dengan cara mengganti keseluruhan kabel.


  3. Instalasinya melibatkan banyak kabel sehingga membuat tampilannya tidak terlihat rapi.


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan kabel jaringan.
Sekian yang dapat saya samapikan kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualikum wr wb









 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KABEL JARINGAN"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...