MENGENAL TENTANG APA ITU OPEN SOURCE

Assalamualaikum wr wb

Hasil gambar untuk open source
Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang open source

 Open source adalah suatu istilah yang digunakan untuk software komputer yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh penggunanya, dan membiarkan penggunanya dapat melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga dapat memperbaiki atau mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik lagi.

    Salah satu keunggulannya adalah bahwa open source dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensinya.
Open source (kode program terbuka) dipopulerkan tahun 1998. Sejarah perangkat lunak open source lahir sejak kultur hacker berkembang di laboratorium-laboratorium komputer di unversitas-universitas Amerika seperti standford, berkeley, carnegle mellon, dan MIT pada tahun 1960-an dan 1970-an. Sistem open source dianggap menguntungkan, khususnya oleh para pengguna open source.

Perbedaan perangkat lunak sumber terbuka denga perangkat lunak gratis
Serupa dengan perangkat lunak gratis, perangkat lunak sumber terbuka merupakan perangkat lunak yang juga dapat diperoleh dan didistribusikan secara bebas. Berbeda halnya dengan perangkat lunak gratis yang belum tentu boleh dilihat kode aslinya, perangkat lunak sumber terbuka dapat dibaca kode-kode pemrograman sesuai aslinya. Kode pemrograman ini dapat juga diubah, dimodifikasi dan dikembangkan sendiri oleh kita dengan tetap memperhatikan kaidah yang berlaku sesuai dengan lisensi perangkat lunak tersebut. 


Beberapa contoh software open source

- Linux : merupakan software sistem operasi yang gratis dan sangat populer
- Gimp : merupakan software pengolah foto dan juga gambar digital
-  Blender : merupakan program untuk pembuatan mode 3D, misalnya seperti animasi dan game
- Filezilla : merupakan software jaringan yang berfungsi untuk tranfer file via protokol FTP pada jaringan komputer atau jaringan internet.
- Mplayer : merupakan software pemutar musik yang berbasis open source


Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf


Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL TENTANG APA ITU OPEN SOURCE"

Post a Comment

MENGENAL VPN DAN TIPE TIPENYA

Assalamualaikum wr wb Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang VPN   VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah met...