Assalamualaikum wr wb
Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang konsep management proyek dibidang IT. Sebelum itu alangkah baiknya kita mengetahui apa itu proyek dan management.
Proyek adalah sebuah kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan seseorang dalam waktu tertentu atau telah di tentukan untuk mencapai tujuannya .
Management
adalah suatu kegiatan yang didalamnya terdapat unsur pengendalian
terhadap suatu sumber daya manusia yang tergabung didalam sebuah
kelompok. Kemudian didalam konsep management proyek terdapat
prinsip-prinsip ,yaitu:
1. Planing
Planing adalah sebuah proses untuk mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan yang berguna untuk mencapai tujuan atau target tetentu.
Planing adalah sebuah proses untuk mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan yang berguna untuk mencapai tujuan atau target tetentu.
Pada
proses planning perlu diketahui hal-hal sebagai berikut
:
-Permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang
tersedia.
-Cara mencapai tujuan dan sasaran dengan memperhatikan sumber daya
yang tersedia.
-Penerjemahan rencana kedalam program-program kegiatan yang
kongkrit.
-Penetapan jangka waktu yang dapat disediakan guna mencapai tujuan
dan sasaran.
-Permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang
tersedia.
-Cara mencapai tujuan dan sasaran dengan memperhatikan sumber daya
yang tersedia.
-Penerjemahan rencana kedalam program-program kegiatan yang
kongkrit.
-Penetapan jangka waktu yang dapat disediakan guna mencapai tujuan
dan sasaran.
2. Organizing
Organizing adalah suatu bentuk pengaturan yang dilakukan oleh seorang pemimpin terhadap anggota. Dalam fungsi organizing, koordinasi merupakan mekanisme hubungan struktural maupun fungsional yang secara konsisten harus dijalankan. Koordinasi dapat dilakukan melalui mekanisme berikut:
Organizing adalah suatu bentuk pengaturan yang dilakukan oleh seorang pemimpin terhadap anggota. Dalam fungsi organizing, koordinasi merupakan mekanisme hubungan struktural maupun fungsional yang secara konsisten harus dijalankan. Koordinasi dapat dilakukan melalui mekanisme berikut:
- koordinasi
vertikal (menggambarkan fungsi komando),
- koordinasi
horizontal (menggambarkan interaksi satu level); dan
- koordinasi diagonal (menggambarkan interaksi berbeda level tapi di luar fungsi komando).
- koordinasi diagonal (menggambarkan interaksi berbeda level tapi di luar fungsi komando).
Manfaat
-terpeliharanya
koordinasi.
-membantu pimpinannya dalam menggerakkan fungsi-fungsi manajement
-mempersatukan
pemikiran dari satuan organisasi yang lebih kecil yang berada didalam
kordinasinya.
3. Actuating
Actuating adalah proses penggerakan SDM yang tergabung kedalam suatu organisasi untuk melakukan kegiatan yang telah disusun guna mencapai sasaran yang telah ditentukan .
Actuating adalah proses penggerakan SDM yang tergabung kedalam suatu organisasi untuk melakukan kegiatan yang telah disusun guna mencapai sasaran yang telah ditentukan .
Metode untuk menyukseskan “actuating” oleh George R. Terry
-
Hargailah sesorang apaun tugasnya sehingga ia merasa keberadaanya di
dalam kelompok atau organisasi menjadi penting
-
Intruksi yang dikeluarkan seseorang pemimpin harus dibuat dengan
memepertimbangkan adanya perbedaan individual dari anggota
kelompoknya
-
Adanya pedoman kerja yang jelas dan mudah dipahami dan dilaksankan
oleh anggotanya
4. Controling
Controling adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan yang sudah digariskan semula.
Controling adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan yang sudah digariskan semula.
Ruang
lingkup kegiatan controlling mencangkup pengawasan atas seluruh aspek
pelaksanaan rencana, antara lain :
-
Produk pekerjaan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif
-
Seluruh sumber daya yang digunakan
-
Prosedur dan cara kerjanya
-
Kebijaksanaan teknis yang diambil selama proses pencapaian sasaran
dari
pembahasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa sebuah management
projek memiliki ciri-ciri :
-
rangkain kegiatan
-
memiliki tujuan khusus
- biaya
sudah ditentukan
-
memilki jadwal kegiatan
Wassalamualaikum wr wb
0 Response to "KONSEP MANAGEMENT PROYEK DIBIDANG IT"
Post a Comment