Assalamualaikum wr wb
Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang SOP.
SOP (standart operting prosedure) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang di lakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.
SOP juga dikatakan sebagai acuan atau pedoman untuk melakukan pekerjaan atau tugasnya sebagai fungsi dan alat penilaian kinerja para karyawan sesuai indikator-indikator administrasi, teknik dan prosedural berdasarkan tata kerja, sistem kerja dan prosedur kerja pada unit yang berkaitan.
Manfaat adanya SOP
1. Sebagai standarisasi
2. Mengurangi tingkat kelalaian dan kesalahan
3. Meningkatkan efesiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual
4. Agar menjadi lebih mandiri
5. Meningkatkan akuntibilitas dalam pelaksanaan kerja
6. Menciptakan ukuran standard kinerja
7. Memberikan informasi
Tujuan adanya SOP
1. Agar pegawai dapat menjaga konsistensi dan tingkat kinerja
2. Agar mengetahui lebih jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi
3. Memperjelas alur tugas
4. Melindungi organisasi dan pegawai dari malpraktek(kesalahan administrasi lainya)
5. Untuk menghindari kesalahan dan kegagalan
Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamualaikum wr wb
0 Response to "MENGENAL TENTANG SOP (STANDART OPERTING PROSEDURE)"
Post a Comment